PENTINGNYA GROWTH MINDSET PADA GENERASI Z
Kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini merupakan kerja sama antara Tim Abdimas Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma dengan SMK Yadika 13 Tambun, Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang bertemakan “Pentingnya Growth Mindset pada Generasi Z” ini telah dilaksanakan pada Jumat, 10 November 2023. Dengan berlokasi di SMK Yadika 13 Tambun, Kabupaten Bekasi serta narasumber, Dr. Marcia Martha, M.Si., kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi serta pengajar di SMK Yadika 13.
Growth Mindset
(Pola Pikir Berkembang)
Merupakan keyakinan yang mendasar bahwa pembelajaran dan kecerdasan mereka dapat tumbuh seiring waktu, upaya dan pengalaman.
Growth Mindset Dalam Konteks Pendidikan Kejuruan
“Growth Mindset adalah keyakinan bahwa kecerdasan dan kemampuan sesorang bisa dikembangkan secara tak terbatas lewat proses belajar dan usaha”
Individu yang memiliki Growth Mindset :
- Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat dan sifat bukan merupakan fungsi hereditas/keturunan
- Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalakannya
- Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan
- Berpendapat positif terhadap usaha
- Belajar dari kritikan
- Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dari kesuksesan orang lain
Fixed Mindset (Pola Pikir Tetap)
Pola pikir tetap ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas seseorang sudah ditetapkan jika seseorang memiliki sejumlah intelegensi tertentu, kepribadian tertentu dan karakter moral tertentu. Individu yang memiliki fixed mindset biasanya :
- Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, sifat adalah sebagai fungsi hereditas/keturunan
- Meyakini hanya bakat saja yang mengarah pada kesuksesan
- Mengganggap usaha untuk mencapai sebuah keberhasilan tidak ada gunanya
- Menghindari adanya tantangan
Jadilah Guru yang memiliki :
Unconditional love
Guru yang patut dicontoh
Guru yang dapat menciptakan kelas yang aman
Guru yang menghargai setiap pemikiran siswa
Guru yang dapat menyampaikan instruksi dengan jelas kepada siswa
Pengembangan Growth Mindset: Pendidikan Kejuruan:
- Prinsip pengembangan growth mindset dalam pembelajaran yaitu menghadirkan tantangan kepada siswa.
- Tanpa tantangan siswa tidak akan mendapat kesempatan untuk mengambil resiko dan sense of progress.
- Sementara, kondisi kenyamanan tanpa adanya kesempatan mengambil resiko akan mendorong fixed mindset.
Referensi :
Claro, Susana; Paunesku, David; Dweck, Carol S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664–8668. doi:10.1073/pnas.1608207113
Hochanade, A., Finamore, D. (2015). Fixed And Growth Mindset In EducationAnd How Grit Helps Students Persist In The Face Of Adversity. Journal of International Education Research, No 11 (11)
Campbell, A., Craig, T., & Reed, BC. (2019): A framework for using learning theories to inform ‘growth mindset’ activities, International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, DOI: 10.1080/0020739X.2018.1562118
Muhibbin, M., & Wulandari, R. (2021). The Role of Grit In Indonesian Student. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), 112-123. https://doi.org/10.32923/psc.v3i2.1725