Pekerja Anak dan Indeks Modal Manusia

Indonesia masih mempunyai masalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) jika mencermati peringkat Indonesia di lingkungan global berdasarkan nilai indeks modal manusia atau Human Capital Index (HCI) yang dipublikasikan oleh World Economic Forum. Indonesia mempunyai nilai HCI sebesar 66,99 dengan menempati peringkat 69 di dunia. Lima besar dunianya adalah Finlandia, Norwegia, Swiss, Kanada, dan Jepang. Peringkat Indonesia di wilayah Asia adalah 13, sedangkan di wilayah ASEAN menempati peringkat 6 atau masih kalah dibandingkan dengan Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam yang peringkat dunianya berturut-turut adalah 24, 46, 52, 57, dan 59. Posisi Indonesia di wilayah ASEAN tentunya dapat menjadi penghambat kesiapan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai diberlakukan tahun depan.

Human Capital Report 2015

Human Capital Report 2015

Salah satu indikator yang sangat memprihatinkan adalah jumlah pekerja anak dan insidennya relatif cukup besar dalam angkatan kerja di Indonesia, seperti dilihat pada gambar di bawah ini.

Pekerja Anak Indonesia masih cukup besar

Pekerja Anak Indonesia masih cukup besar

Angkatan kerja Indonesia juga masih didominasi oleh angkatan kerja kurang atau tidak trampil. Kondisi tersebut tentunya memerlukan perhatian dari semua pemangku kepentingan, khususnya pemerintah dan sektor pendidikan di Indonesia.

Komposisi tingkat ketrampilan angkatan kerja (WEF, 2015)

Komposisi tingkat ketrampilan angkatan kerja (WEF, 2015)

 

 

 

Post Your Thoughts


− 3 = lima