Benarkah Orang Indonesia Paling Bahagia?

Fenomena pemeringkatan negara atau perusahaan makin marak akhir-akhir ini dan mencakup berbagai aspek atau kriteria. Pemeringkatan negara yang paling sering terdengar misalnya adalah peringkat daya saing, peringkat pengembangan SDM, peringkat e-goverment, atau peringkat kemudahan berinvestasi. PBB sendiri mempunyai beberapa program pemeringkatan, bahkan ada program yang namanan Millenium Development Goals, yang dapat melihat tingkat kesiapan negara sesuai dengan pilar atau indikator MDGs.

Happy Planet Index (HPI) mungkin tidak banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Apa itu HPI, silakan simak metodologinya di sini. Singkat cerita, HPI membuat peringkat 151 negara berdasarkan “tingkat kebahagian” dari masyarakatnya.Peta negara-negara di dunia pun diberi warna sesuai dengan tingkat kebahagiaannya yaitu dengan 6 warna, mulai dari warna hijau terang yang dianggap paling bahagia, sampai ke merah menyala yang berarti tergolong negara yang tidak berbahagia. Indonesia sendiri diberi warna: “kuning cerah” yang masih tergolong negara yang “bahagia”, meskipun bukan yang “paling bahagia”.

Indokator warna kebahagiaan (sumber: www.happyplanetindex.org)

Indokator warna kebahagiaan (sumber: www.happyplanetindex.org)

 

Indonesia ternyata masuk lima besar dunia berdasarkan “Inequality Adjusted HPI Rank”. Berarti Indonesia relatif lebih bahagia dibandingkan 146 negara lainnya di dunia, atau masih di bawah Kosta Rika, Vietnam, Jamkaika dan Belize yang menenpati posisi pertama sampai empat di dunia.  Berikut peringkat sepuluh besar dunianya:

HPI

Percayakah Anda dengan hasil survey tersebut?

 

Post Your Thoughts


− tujuh = 1